Sunday, April 26, 2015

Perhiasan Putri Gubernur

Pesta Di Batavia

Makan malam yang mewah dihidangkan pada jam 12.00. Tamu yang hadir berjumlah 300 orang, tapi tempat cukup luas untuk mereka semua. Macartney diapit gubernur dan putrinya. Gadis itu merupakan 'bintang' perjamuan berkat perhiasan emas intan yang dipakainya. Menurut taksiran orang Belanda, perhiasan itu bernilai 20.000 ringgit. Pada masa itu nilai ringgit sama dengan poundsterling. Catatan Barrow mengungkapkan bahwa ibu gadis itu berasal dari kalangan 'dingy1 rendah.

Gubernur sudah punya menantu seorang anggota Council keturunan ningrat. Konon menantunya ini sudah pernah memegang berbagai jabatan menguntungkan pada Oost-Indische Compagme.

Catatan Macartney menyebutkan bahwa mereka minum toast 22 kali. Sebagian besar dari acara toast itu untuk tujuan politik. Misalnya untuk kesejahteraan stadhoudei Belanda, raja Inggris dan sebagainya. Setiap pejabat tinggi diberi sebuah daftar toast. Tiap-tiap toast didahului pengumuman nyaring oleh petugas upacara yang berdiri di belakang kursi gubernur. Pengangkatan gelas diiringi bunyi genderang, seruling dan berbagai alat musik.

No comments:

Post a Comment