Sunday, April 26, 2015

Sakit di Kapal

Sir George Staunton

Ketika mendekati daratan, komandan kapal Lion, Sir Erasmus Gower mengutus letnan satu Campbell turun ke darat dengan sekoci untuk memberi tahu kedatangan mereka. Tapi belum sampai jarak sepenembakan, sudah datang commodre of the road Belanda, Andriesse. Pria ini kelahiran Rotterdam, tapi orang tuanya sebenarnya Inggris. Andriesse naik ke kapal untuk menawarkan segala fasilitas yang dapat diberikan departemen-nya kepada sang tamu.

Keesokan harinya Andriesse datang lagi menghadap Macartney bersama dua orang anggota Council Titsingh dan Wieger-man, serta van der Weert, sekjen Council. Mereka menyampai-kan salam Gubernur Alting. Lord Macartney diundang mendarat. Sang duta diminta memberitahu kapan ia akan turun ke darat supaya bisa disiapkan penyambutan dan penhormatan yang selayaknya.

Wiegerman menawarkan rumah, kereta-kereta dan jasa-jasa baiknya kepada sang duta. Tapi waktu itu duta sedang kurang sehat. Ia menangguhkan rencana turun ke darat sampai tanggal 8 Maret 1793. Justru tanggal itu merupakan hari ulang tahun Pangeran Oranye (Willem V), kepala negara Nederland.
 
Gubernur mengirimkan empat orang perwira untuk me-nyambut baik gagasan itu. Selain menanyakan kesehatan sang duta, ia juga menyampaikan undangan kepada rombongan duta dan para opsir kapal untuk menghadiri pesta dansa dan jamuan makan pada malam hari tanggal 8 Maret.

No comments:

Post a Comment